Latest News

Tahun 2013 Mesuji Bebas Katarak Dan Bibir Sumbing | LAVIETRESJOLIE

MESUJI : Pada 2013, masyarakat di Kabupaten Mesuji harus bebas dari penyakit katarak serta bibir sumbing. Diungkapkan Bupati Mesuji Khamamik, saat ini Pemda sedang bekerja sama dengan Nahdlatul Ulama Mesuji untuk mencari dan mengakomodir para penderita penyakit tersebut.
"Dengan NU kita sedang mendata masyarakat yang Katarak dan Bibir Sumbing. Dua penyakit itu menjadi prioritas kami dalam tahap pertama ini. Semua biaya gratis, dan sudah berjalan tiga bulan dengan berhasil mengobati 60 penderita dua penyakit tersebut. Untuk tahap berikutnya, kita akan menjaring penderita penyakit lain," jelas Khamamik, Rabu (2-10).

Untuk memaksimalkan pelayanan, tambah Khamamik, pihaknya sudah memerintahkan seluruh kepala desa, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) serta seluruh petugas kesehatan yang ada di kecamatan. Sejauh ini, bupati mengaku kecewa dengan kinerja dari bidan serta petugas kesehatan yang ada di puskesmas. Pasalnya, banyak bidan dan petugas kesehatan yang tidak memiliki kepekaan terhadap lingkungannya.

"Semua sudah saya koordinasikan, namun saya kecewa dengan kinerja bidan dan pegawai puskesmas. Banyak penderita penyakit yang ada di sekitar mereka, namun tidak dilaporkan. Bidan dan petugas puskesmas harus peka terhadap lingkungannya," tambah bupati.

Ditempat yang sama, Ketua NU Mesuji Agus, menerangkan bahwa hingga saat ini, NU sudah mendata 100 lebih penderita katarak dari seluruh Mesuji.

"Data yang sudah masuk, penderita katarak ada 100 lebih. Tidak ada biaya, kami akan antar jemput penderita. Untuk syarat, hanya KK, Jamkesmas, serta rujukan dokter setempat. Untuk penderita anak-anak, hanya akte kelahiran saja," kata Agus.

http://lampost.co/berita/pada-2013-mesuji-bebas-katarak-dan-bibir-sumbing

0 Response to "Tahun 2013 Mesuji Bebas Katarak Dan Bibir Sumbing | LAVIETRESJOLIE "